• Mon. Dec 4th, 2023


PT KPI RU Dumai Terima Hasil Audit SMP dan Berhasil Raih Peringkat Emas dari Polri

Byadmin

Dec 20, 2022

AMANAT Dumai, 20 Desember 2022 – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai sebagai Objek Vital Nasional menerima sertifikat hasil audit Sistem Manajemen Pengamanan (SMP), dengan predikat Gold Reward dari Polri.

Penyerahan sertifikat ini dilakukan oleh Kabarhakam Polri Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto MM dan diterima langsung oleh SMOM RU Dumai Khabibullah Khanafie di Ruang Auditorium STIK, Jalan Tirtayasa Raya No.06 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (12/12/2022) lalu.

Khabibullah menjelaskan sertifikat ini berhasil diraih oleh KPI RU Dumai, karena telah melaksanakan rangkaian audit Sistem Manajemen Pengaman Objek Vital Nasional berupa Bintek, audit dan klarifikasi audit.

“Sertifikat ini akhirnya diraih setelah dilakukan proses audit sebagai pemenuhan terhadap regulasi sesuai dengan Perpol No. 07 Tahun 2019, Tentang Pengaman Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu,” ujarnya.

Dia memaparkan audit yang telah dilakukan pada pekan pertama September 2022 lalu tersebut, bertujuan untuk mengukur dan memastikan penerapan Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) di PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) II Dumai telah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Adapun pelaksanaan audit ini berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Nomor 7 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Pengamanan Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu.

Sebelumnya Area Manager Communication, Relations, & CSR KPI RU Dumai Nurhidayanto mengatakan berdasarkan hasil audit Ditpamobvit Korsabhara Kabaharkam Polri yang dibawah tanggung jawab Brigjen Pol Suhendri, SH,. S.I.K tersebut, PT KPI RU II Dumai berhasil meraih nilai 91,81% atau peringkat Baik Sekali/Emas.

“Pencapaian ini sungguh memuaskan karena penilaian ini sudah jauh meningkat jika dibandingkan dengan pada saat dilakukan pra-audit dan bintek bulan Juli lalu yang nilainya masih diangka 75,53% atau peringkat Baik/Perak,” ujar Nurhidayanto.

Teknik yang digunakan dalam pelaksanaan eksternal audit SMP ini terdiri dari interview, tinjauan dokumen kegiatan serta tinjauan lapangan terkait pelaksanaan kegiatan pengamanan perusahaan.

Prinsip-prinsip yang dinilai antara lain komitmen dan kebijakan, pola pengamanan, konfigurasi pengamanan, standar kemampuan pelaksanaan pengamanan, serta monitoring dan evaluasi.

“PT KPI RU II Dumai patut berbangga dengan pencapaian hasil eksternal audit kali ini. Semoga dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan score-nya hingga 100% atau FULL COMPLIANCE terhadap Perpol no. 7 Tahun 2019,” tutup Nurhidayanto.

—————————————————
Media Contact
Nurhidayanto
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 821-5168-9986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *