• Jum. Sep 20th, 2024

PT. KPI Unit Dumai Resmikan Lock – Unlock System Pada Kegiatan Daily Check Up (DCU) Pastikan Pekerja dan Mitra Kerja Fit To Work

Byadmin

Okt 19, 2023

AMANAT DUMAI – PT. Kilang Pertamina Internasional (PT. KPI) Unit Dumai senantiasa berkomitmen untuk selalu meningkatkan serta memastikan aspek HSSE melekat pada setiap proses operasional di Perusahaannya.

Salah satu bentuk komitmennya saat ini adalah penerapan Lock – Unlock System untuk kegiatan Daily Check Up yang dilaksanakan di pintu-pintu masuk area Kilang pada saat sebelum memasuki area kerja,hal ini merupakan bagian dari penerapan Corporate Life Saving Rules Pertamina, pada bagian elemen Fit To Work.

Diresmikan pada Mei 2023, oleh Manager HSSE RU II, sistem ini dibuat sebagai fasilitas screening dengan tujuan untuk memastikan setiap Pekerja dan Mitra Kerja yang masuk ke area kilang benar-benar fit to work.

Dalam keterangannya, manager HSSE RU II, Reza Merizki Siregar menyatakan bahwa Pertamina sangat berkomitmen terhadap aspek HSSE di semua lini operasionalnya,untuk itu Pertamina terus melakukan inovasi sehingga penerapan aspek HSSE di lingkungan Pertamina dapat berjalan efektif, ujarnya.

“Keberadaan DCU sangat penting. Untuk itu Lock – Unlock System DCU ini menjadi kunci keberhasilan dari pelaksanaan DCU di RU II”, imbuh Reza.

Ditempat terpisah, Teti Susanti SKM selaku bidang Pengawasan Tenaga Kerja di Disnaker Provinsi Riau sangat mengapresiasi inovasi Lock – Unlock System DCU yang dilakukan oleh PT. KPI Unit Dumai.

Pakar Industrial Health provinsi Riau tersebut juga menyatakan bahwa kondisi unfit akan sangat berdampak serius terhadap aspek HSSE yang kemudian akan berdampak pada kinerja operasional Perusahaan apabila tidak ditangani dengan serius.

“Semoga inovasi ini dapat sustain dilakukan, serta dapat diimplementasikan di semua sektor industri yang mempunyai resiko kerja yang tinggi”, harap Teti.

Tidak berhenti sampai di situ, Tim Pengembang Lock – Unlock System terus mengembangkan sistem ini. dr. Hengki Ferdianto selaku ketua Tim Pengembang, menyatakan bahwa sudah ada permintaan dari berbagai unit Kilang di PT. Kilang Pertamina Internasional untuk mereplikasi Lock – Unlock System DCU, jelasnya.

“Kami sudah melakukan close contact dengan beberapa Person in Charge (PIC) sistem DCU di berbagai unit kilang lain, untuk perluasan pemberlakuan Lock – Unlock System ini, besar harapan kami agar sistem ini dapat mendukung pencapaian program Perusahaan yang tentunya akan berdampak pada keberlangsungan suplai energi bagi Masyarakat Indonesia.” pungkas dr. Hengki Ferdianto

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *